FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI IAIN TULUNGAGUNG

Penulis

  • Ninda Rachmawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang
  • Riska Afifah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Kata Kunci:

Budaya, Sosial, Kepribadian, Psikologis, Konsumen.

Abstrak

Purpose – kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan menentukan kegiatan- kegiatan tertentu sehingga mampu menjadi tolak ukur untuk perusahaan dalam merencanakan inovasi produk dan pengembangan produk.

Design/methodology/approach – Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisa faktor dari data deskriptif yang di peroleh menggunakan angket dan kuisioner. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16 dan minitab 17.

Findings – Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini adalah terdapat 4 faktor utama Faktor budaya, Faktor social, Faktor kepribadian, dan Faktor psikologis Dari ke empat faktor yang terbentuk dalam penelitian ini faktor yang paling dipertimbangkan dalam memilih produk kosmetik pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah di IAIN Tulungagung ialah faktor budaya.
Research limitations/implications – dalam penelitian ini objek penelitian merupakan mahasiswa yang ada di jurusan ekonomi syariah di IAIN Tulungagung hal ini bisa menjadi
sebuah acuan untuk penelitian selanjutnya yang mampu menggeneralisasi faktor-faktor yang lain dengan objek penelitian yang berbeda.

Originality/value – dalam penelitian ini yang di gunakan adalah menggunakan metode faktor sehingga mampu mengeliminasi faktor-faktor yang dianggap tidak mampu untuk berkontribusi dalam ruang lingkup pemilihan produk kosmetik. Data diolah dengan menggunakan SPSS 16 dan minitab 17. Sehingga menghasilkan akurasi data yang lebih tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-01

Cara Mengutip

Ninda Rachmawati, & Riska Afifah. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK PADA MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM DI IAIN TULUNGAGUNG. JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN, 2(01), 49–58. Diambil dari https://journal.stiekop.ac.id/index.php/komastie/article/view/44