ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE DAN DESAIN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN

Penulis

  • Indah Datin Nadliroh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang

DOI:

https://doi.org/10.52838/komastie.v2i02.47

Kata Kunci:

e-commerce, desain produk, volume penjualan, iklan

Abstrak

Purpose – Untuk mengetahui dan menelaah konspe e-commerce yang mempengaruhi desain produk terhadap volume penjualan, diharapkan dapat memberikan bahan pertimbangan dalam penentuan e-commerce dan desain produk untuk penjual online, dalam hal ini media sosial yang digunakan adalah WhatsApp.

Design/methodology/approach – Penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dibantu dengan program SPSS

Findings – Hasil dari pengujian simultan (uji F) dapat dilihat e-commerce  dan desain produk terhadap volume penjualan  dengan nilai sebesar 16,111, e-commerce  terhadap volume penjualan nilai signifikansi sebesar 0,084 > 0,05, desain produk terhadap volume penjualan  dengan nilai signifikansi sebesar 0,40> 0,05. Hasil dari uji determinasi menyatakan bahwa e-commerce dan desain produk sebesar 88,3%.

Research limitations/implications – Penelitian ini membahas variabel desain produk dan volume penjualan dan hanya menggunakan 1 media. Dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa memanaatkan penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan pehaman e-commerce dengan sudut pandang yang berbeda kedepan.

Originality/value – Dalam penelitian ini fungsi pendekatan dengan memanfaatkan softwate detceting and acumulating data (DAD) dan proses analisis data dengan menggunakan googleform untuk memperkuat hasil penelitian di masa pandemi.

Keyword : e-commerce; desain produk; volume penjualan; iklan;

Paper type : Case Study

 

Referensi

Ansah, A. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. Jurnal nasional. Vol. 1 No.2 (Juli, 2017). Hal 178- 189

Basu Swastha DH. (2004). Azas-azas Marketing. Yogyakarta: Liberty

Budi Harsanto. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: Unpad Press

Kotler, Philip.,& Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., & Keller, Kevin. Lane. (2016). Marketing Management. Pearson Education Inc.

Sangadji, E. M. & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Jakarta: Salemba.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-01

Cara Mengutip

Indah Datin Nadliroh. (2021). ANALISIS PENGARUH E-COMMERCE DAN DESAIN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN. JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN, 2(02), 1–6. https://doi.org/10.52838/komastie.v2i02.47