PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ORGANISASI PADA BAGIAN PEMASARAN DAN BAGIAN PENAGIHAN DI KANTOR BINA MARGA MALANG

Penulis

  • Anudiyan Amir Mas'ud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang

Abstrak

Purpose – Bagaimana cara pemimpin itu mengelola dan menyelesaikan konflik baik dengan bawahnya maupun dengan kelompok kerja lain. Dengan penggunaan gaya kepemimpinan yang tepat akan mempercepat penyelesaian konflik yang terjadi dalam organisasi tanpa merugikan salah satu pihak.

Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan prosentase, yaitu data yang diperoleh secara kualitatif, dikuantifikasikan, setelah terdapat hasil akhir yang dikualifikasikan kembali.

Findings – Dalam penanganan konflik yang timbul, pimpinan Bagian Pemasaran dan pimpinan Bagian Penagihan biasanya menggunakan teknik kompromi, konfrontasi dan penekanan. Dalam teknik kompromi, pimpinan mencari jalan tengahnya sehingga pihak – pihak yang berselisih untuk kemudian dicari penyelesaiannya. Sedangkan dalam teknik penekanan, pimpinan melibatkan orang yang memiliki kekuasaan unruk memberikan pemecahannya. Segala konflik yang timbul dalam bagiannya masing – masing dapat diselesaikan dengan pemilihan gata kepemimpinan yang tepat, dengan penggunaan gaya kepemimpinan yang tepat akan mempercepat penyelesaian konflik yang terjadi tanpa ada yang dirugikan.

Research limitations/implications – Manajemen konflik yang diteliti hanya mencakup satu lembaga dan daerah saja mungkin bisa digeneralisasikan lebih luas dengan menambah objek penelitian.

Originality/value – Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dengan prosentase. Dan penguatan wawancara sehingga data yang diperoleh lebih akurat.

Keyword : Gaya Kepemimpinan; Konflik; Manajemen; Pemasaran; Penagihan

Paper type : Case Study

Diterbitkan

2020-10-01

Cara Mengutip

Anudiyan Amir Mas’ud. (2020). PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ORGANISASI PADA BAGIAN PEMASARAN DAN BAGIAN PENAGIHAN DI KANTOR BINA MARGA MALANG. JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN, 1(02), 21–30. Diambil dari https://journal.stiekop.ac.id/index.php/komastie/article/view/56