PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA INSTANSI IKATAN DOKTER INDONESIA CAB MALANG

Penulis

  • LILI KADARMANSYAH PT Indomobil Sukses Internasional Tbk

Kata Kunci:

IDI, TQM, Kinerja

Abstrak

Purpose – Penelitian ini dilakukan di Instansi Ikatan Dokter Indonesia karena asosiasi ini memiliki divisi produksi yang lebih besar daripada divisi lainnya, sehingga penulis ingin melihat apakah pemikiran bahwa pengendalian mutu adalah tanggung jawab penuh bagian produksi dan keberhasilan bagian produksi secara tidak langsung mewakili kinerja manajerial perusahaan masih berlaku di perusahaan ini atau perusahaan ini sudah menerapkan TQM dalam meningkatkan kinerja manajernya.

Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data cross sectional yaitu mengkuantitatifkan data dan melakukan generalisasi atas hasil yang didapatkan dari sampel yang mewakili populasi yang diteliti

Findings – Dalam Praktinya fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan setelah dilakukan penelitian dari hasil analisa data maka dinyatakan tidak berpengaruh secara simultan terhadap kinerja manajerial, dan dalam analisa secara parsial terhadap kinerja manajerial, juga dinyatakan tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Dam hasil analisa Nilai adjusted R square menunjukkan bahwa kinerja manajerial tidak dapat dijelaskan faktor faktor yang diungkapkan oleh peneliti.

Research limitations/implications – Penelitian ini masih belum mewakili karena hanya dilakukan dalam suatu waktu sehigga bisa di katakan harus dipertajam dengan analisa lebih lanjut dengan sampel penelitian yang lebih banyak

Originality/value – Hasil yang ditemukan adalah konsep TQM belum mampu mempengaruhi kinerja manajerial dalam Instansi IDI

Keyword : IDI; TQM; Kinerja;

Paper type : Case Study

Diterbitkan

2020-10-01

Cara Mengutip

LILI KADARMANSYAH. (2020). PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA INSTANSI IKATAN DOKTER INDONESIA CAB MALANG. JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN, 1(02), 41–50. Diambil dari https://journal.stiekop.ac.id/index.php/komastie/article/view/60