Analisis Karakteristik Dan Sikap Konsumen Dalam Penentuan Atribut Produk PT. Satria KTM Motor

Penulis

  • Ninda Rachmawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang
  • Ferra Eka Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang

Kata Kunci:

Karakteristik, Sikap, Konsumen, Atribut, Produk

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis tingkat kepentingan konsumen dalam membeli produk PT. Satria KTM Motor, (2) Untuk menentukan tingkat kepercayaan konsumen terhadap atribut produk PT. Satria KTM Motor, (3) Untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap atribut produk PT. Satria KTM Motor. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Jumlah responden yaitu sebanyak 50 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, dan metode analisis Fishbein.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepentingan konsumen dalam membeli produk PT. Satria KTM Motor adalah Model dengan total rata-rata tertinggi sebesar 1,24 kemudian diikuti oleh atribut harga, kualitas, bentuk dan aksesoris. (2) Tingkat kepercayaan konsumen terhadap atribut produk PT. Satria KTM Motor adalah Model dengan masing – masing memiliki skor sebesar 1.74 untuk Model sport dan sebesar 1.16 untuk Model stylis. (3) Sikap konsumen terhadap atribut produk PT. Satria KTM Motor adalah model sport yang paling disukai dengan memperoleh nilai total tertinggi sebesar 6.63 dengan sangat positif. Sedangkan harga sebesar 5.26 dengan sikap sangat positif.  

Diterbitkan

2020-07-01

Cara Mengutip

Ninda Rachmawati, & Ferra Eka Ramadhani. (2020). Analisis Karakteristik Dan Sikap Konsumen Dalam Penentuan Atribut Produk PT. Satria KTM Motor. JURNAL EKONOMI, KEUANGAN, PERBANKAN, KEWIRAUSAHAAN DAN KOPERASI, 1(01), 11–21. Diambil dari https://journal.stiekop.ac.id/index.php/keroppi/article/view/64