Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “Amanah” Transport Tours and Travel

Penulis

  • Yulian Adi Wijaya Institut Agama Islam Hasanuddin Pare
  • Chavid Moyo Jaladri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Koperasi Malang

Kata Kunci:

SWOT, Strategi Pemasaran, Manajemen, Strategi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan dan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Usaha Jasa Sewa Mobil “Amanah” Transport Tours and Travel. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis SWOT dan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif adalah analisis data yang tidak berbentuk angka, tetapi berupa serangkaian informasi yang digali dari hasil penelitian. Oleh karena itu, penulis terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana keadaan usaha serta faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran yang ada pada usaha. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada manajer pemasaran. Selain itu adanya tambahan data pendukung dari buku-buku bacaan dan juga sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha bisnis tersebut.

Hasil penelitian yang ditunjukkan oleh diagram cartesius bahwa perusahaan berada pada kuadran I, yaitu agresif dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy yang merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi Usaha Jasa Sewa Mobil “Amanah” Transport Tours and Travel. Dimana, Usaha Jasa Sewa Mobil “Amanah” Transport Tours and Travel memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada seperti adanya kerjasama dengan berbagai instansi yang secara rutin menggunakan jasanya.

Diterbitkan

2021-01-29

Cara Mengutip

Yulian Adi Wijaya, & Jaladri, C. (2021). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “Amanah” Transport Tours and Travel . JURNAL EKONOMI, KEUANGAN, PERBANKAN, KEWIRAUSAHAAN DAN KOPERASI, 2(01), 50–61. Diambil dari https://journal.stiekop.ac.id/index.php/keroppi/article/view/73